Review Jurnal MSDM

Review Jurnal Nasional MSDM 1

Judul
PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI  PADA KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN  DAERAH PROVINSI KALIMANTAN  TIMUR
Jurnal
eJournal  Ilmu Administrasi Bisnis
Volume & Halaman
Volume 4, Nomor 4
Tahun
2016
Penulis
Febrisma Ramadhiya Findarti
Reviewer
Nathania (1620200007)
Tanggal
16 Mei 2018

Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur.
Subjek Penelitian
Subjek Penelitian pada penelitian ini adalah pegawai kantor Badan Kepegawaian Daerah Privinsi Kalimantan Timur.
Metode Penelitian
Instrumen Penelitian
Uji Validitas bertujuan untuk mengukur sah atau valid tidaknya suatu    kuesioner. Suatu kuesioner dikatakan valid jika pertanyaan pada kuisioner mampu untuk mengungkap sesuatu yang akan diukur oleh kuisioner tersebut. (Imam Ghozali, 2005:45).
Uji Reliabilitas adalah tingkat kehandalan kuesioner. Kuesioner yang reliable adalah kuesioner yang apabila dicoba secara berulang-ulang kepada kelompok yang sama akan menghasilkan data yang sama dengan asumsi tidak terdapat perubahan psikologis pada responden (Imam Ghozali, 2005:42).
Analisis Regresi Linear Sederhana
Persamaan Regresi Analisis data yang digunakan oleh penulis untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen adalah analisis regresi linier sederhana. Regresi linier sederhana adalah sebagai berikut : Dimana :  Y =  a + bX (sugiyono, 2009 : 204) Keterangan: Y = Kinerja pegawai X = Pengembangan SDM a  = Konstanta b  = Koefisien Regresi
Koefisien Korelasi (R) digunakan untuk mengetahui kuatnya pengaruh antara variabel terikat dengan variabel bebas (Sugiyono, 2008 : 274). 

Koefisien Determinasi (R2) Menurut Jonathan Sarwono (2006:87), koefisien determinasi (R2) digunakan Perhitungan koefisien determinasi bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase pengaruh pengembangan sumber daya manusia sebagai variabel X dan kinerja pegawai sebagai variabel Y.
Uji T (Parsial) ini digunakan untuk mengetahui apakah hubungan antara variabel bebas mempunyai pengaruh yang nyata atau tidak terhadap variabel terikat, maka dilakukan uji hipotesis (Sugiyono, 2005 : 184) Adapun yang menjadi hipotesis nol (Ho) dan hipotesis alternatif (H1) dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: H0 : r = 0, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel  predikator (X) dengan variabel terikat (Y). H1 : r ≠ 0, artinya ada terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel  predikator (X) dengan variabel terikat (Y). Dengan perhitungan t hasil ini selanjutnya dibandingkan dengan ttable dengan menggunakan tingkat kesalahan 0,05. Kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis adalah : - Jika signifikasi thitung > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak - Jika signifikasi thitung < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima
Langkah-langkah Penelitian
1.      Dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai kantor Badan Kepegawaian Daerah Privinsi Kalimantan Timur.
2.      Menguji pengaruh variable pengembangan SDM pengaruh terhadap kinerja pegawai.
3.      Dengan menguji variable dapat membantu Instansi Badan Kepegawaian Provinsi Kalimantan Timur agar sebaiknya mengembangkan SDM meliputi pendidikan dan pelatihan.
Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa variabel Pengembangan Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja Pegawai pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur.
Tujuan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada akhirnya adalah untuk menciptakan pegawai yang memiliki kinerja yang baik dengan cara meningkatkan kemampuan mereka untuk dapat berkinerja lebih baik.
Kekuatan Penelitian
Kekuatan penelitian ini adalah dengan penelitian ini dapat mengetahui hubungan antara pelatihan dan pengembangan mampu mempengaruhi efektivitas kerja karyawan dan dengan penelitian ini dapat membantu Instansi Badan Kepegawaian Provinsi Kalimantan Timur untuk mengembangkan SDM meliputi pendidikan dan pelatihan.
Kelemahan Penelitian
Kelemahan penelitian ini adalah penelitian ini masih memiliki 2 masalah yang belum terselesaikan.
Saran Reviewer
Sebaiknya peneliti menyelesaikan masalah yang masih belum terselesaikan.


Review Jurnal Nasional MSDM 2

Judul
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. HASJRAT ABADI MANADO
Jurnal
Jurnal EMBA
Volume & Halaman
Vol.1 No.3 September 2013
Tahun
2013
Penulis
Ludfia Dipang
Reviewer
Nathania (1620200007)
Tanggal
16 Mei 2018

Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui strategi-strategi yang dilakukan dalam mengembangkan sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Manado.
2. Untuk mengetahui pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap peningkatan kinerja karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Manado
Subjek Penelitian
Populasi dalam penelitian di PT Hasjrat Abadi Manado sebanyak 69 orang. Sampel adalah bagian dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Berhubung populasi di PT Hasjrat Abadi Manado hanya 69 orang, maka diputuskan semua populasi dijadikan sampel, berdasarkan metode pengambilan sampel jenuh.
Metode Penelitian
1.      Wawancara    
Metode wawancara dilakukan dengan pihak-pihak yang terkait yang berkompeten dibidangnya
2.      Kuesioner             
Yaitu cara memperoleh data dengan menyebarkan angket        kepada koresponden.
3.      Studi Kepustakaan
Studi pustaka bertujuan untuk memperoleh landasan teori dan definisi-definisi yang digunakan dalam analisis kasus. Teori-teori tersebut diperoleh dari literatur-literatur, majalah ilmiah maupun tulisan-tulisan lainnya yang banyak berhubungan dengan masalah yang akan diteliti.
Langkah-langkah Penelitian
Langkah-langkah yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
1.      Wawancara dengan pihak yang berkompeten
2.      Membagikan kuesioner kepada responden (Karyawan Pada PT. Hasjrat Abadi Manado)
3.      Melakukan studi kepustakaan untuk memperoleh landasan teori.
4.      Melakukan pengujian terhadap rata-rata kinerja karyawan.
5.      Melakukan persamaan regresi.
Hasil Penelitian
Pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan PT. Hasjrat Abadi Manado dalam rangka meningkatkan kinerja karyawannya adalah berupa:
1.      Formulir/Kriteria Karyawan
2.      Pemberian Jaminan
3.      Pemberian insentif per Triwulan
4.      Penilaian
5.      Jenjang karir
6.      Reward untuk karyawan berprestasi
Kekuatan Penelitian
Kekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan oleh PT. Hasjrat Abadi Manado untuk mengetahui  pengembangan SDM dalam kinerja karyawannya.
Kelemahan Penelitian
Kelemahan penelitian ini adalah waktu penelitian cukup lama yaitu 2 bulan.
Saran Reviewer
Penelitian ini dapat dilakukan lebih cepat dengan menggunakan deadline sehingga waktu penelitian dapat lebih efektif.





Review Jurnal Internasional MSDM

Judul
THE IMPACT OF RECRUITMENT AND SELECTION CRITERIA ON ORGANIZATIONAL PERFORMANCE
Jurnal
Global Journal of Human Resource Management
Volume & Halaman
Vol.3, No.2, pp.22-33
Tahun
2015
Penulis
Joy O. Ekwoaba, Ugochukwu .U. Ikeije, Ndubuisi Ufoma
Reviewer
Nathania (1620200007)
Tanggal
16 Mei 2018

Tujuan Penelitian
This study investigates the impact of recruitment and selection criteria on performance using Fidelity Bank Plc, Lagos Nigeria as focal point.
(Studi ini menyelidiki dampak dari rekrutmen dan kriteria seleksi pada kinerja menggunakan Fidelity Bank Plc, Lagos Nigeria sebagai titik focus).
Subjek Penelitian
One hundred and thirty two (132) copies of questionnaires were administered out of which one hundred and thirty (130) copies were validly filled and returned.
(Seratus tiga puluh dua (132) salinan kuesioner diberikan di mana seratus tiga puluh (130) salinan secara sah diisi dan dikembalikan).
Metode Penelitian
This study adopted survey research design and structured questionnaire was used to collect data.
(Penelitian ini mengadopsi desain penelitian survei dan kuesioner terstruktur yang digunakan untuk mengumpulkan data).
Langkah-langkah Penelitian
1.      Mengumpulkan teori
2.      Membagikan kuesioner
3.      Evaluasi hasil (result)
Hasil Penelitian
The results from the analysis indicated a strong agreement (100%) that the bank has a policy which guides the recruitment activities. Out of the one hundred and thirty respondents, 72.3% agreed that the bank recruits immediately positions are declared vacant. However, 53.1% of the participants reported that the bank staff are not always aware of the existing vacancies in the bank.
(Hasil analisis menunjukkan kesepakatan yang kuat (100%) bahwa bank memiliki kebijakan yang memandu kegiatan rekrutmen. Dari seratus tiga puluh responden, 72,3% setuju bahwa bank segera merekrut posisi yang dinyatakan kosong. Namun, 53,1% dari peserta melaporkan bahwa staf bank tidak selalu mengetahui lowongan yang ada di bank).
Kekuatan Penelitian
Penelitian ini dipenuhi dengan berbagai data pendukung yaitu teori.
Kelemahan Penelitian
Dari 132 kuesioner yang ada, 2 kuesioner tidak terisi secara sah dan tidak dikembalikan.
Saran Reviewer
Sebaiknya penelitian ini menggunakan seluruh hasil kuesioner untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Komentar