MAKALAH LINGKUNGAN BISNIS
“KANTIN MAJU MOTOR”
DISUSUN OLEH:
NATHANIA
1620200007
MJ3A
Dosen pengampuh: Charisma Ayu Pramuditha,MHRM
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
2017-2018
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan karunianya penulis dapat
menyelesaikan makalah tepat pada waktunya. Makalah yang berjudul “Analisis
Lingkungan Sekitar Kampus ‘Kantin Maju Motor’” yang disusun sebagai tugas pada
mata kuliah Lingkungan Bisnis.
Penulis menyadari masih banyak kekeliruan dan kekurangan dalam
penyusunan makalah ini, maka dari pada itu penulis mengharapkan kritik dan
saran yang bersifat membangun dan melengkapi makalah ini. Semoga makalah yang
sederhana ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Palembang, Oktober 2017
Nathania
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................
i
DAFTAR ISI .................................................................................. ii
BAB I ..............................................................................................1
1.1
Latar Belakang .......................................................................1
1.2
Rumusan Masalah ................................................................. 1
1.3
Tujuan Penulisan ....................................................................1
BAB II ............................................................................................. 3
2.1 Sejarah Usaha ........................................................................3
2.2 Sistem Marketing ...................................................................3
2.3 Kendala Usaha .......................................................................3
2.4 Analisis SWOT ......................................................................3
BAB III ........................................................................................... 5
3.1
Kesimpulan ............................................................................5
3.2 Saran ......................................................................................5
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Usaha Mikro Berdasarkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro) adalah usaha
produktif milik orang perorangan dan / atau badan usaha perorangan yang
memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20
Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam pasal 3 disebutkan
bahwa usaha mikro bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka
membangun perekonomian nasional berdasarkan ekonomi yang berkeadilan.
Pemilik
kantin maju motor ini bekerja di restoran Chinese
food Selatan Indah, lalu owner dari
maju motor mengajak untuk bekerja sama membuka usaha rumah makan dengan harapan
membantu dan mempermudah karyawan maju motor dan sekitarnya dalam mencari
makanan siap saji.
Kantin
Maju Motor ini sudah dibuka selama 3,5 tahun. Kantin ini dibuka karena pemilik
ingin berdagang. Modal awal membuka berjualan adalah 5 juta.
Keuntungan
yang di dapat setiap bulan 8 juta dengan pengeluaran 20 juta. Masakan di kantin
maju motor ini di masak sendiri. Untuk kedepannya pemilik usaha kantin maju
motor ini berencana untuk membuka cabang kantin maj motor.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang profil perusahaan, maka yang
menjadi permasalahan dan diungkapkan dalam makalah ini adalah:
1.
Bagaimana profil usaha tersebut?
2.
Bagaimana sistem marketing usaha tersebut?
3. Apa saja kendala yang dialami selama membuka
usaha ini?
4. Bagaimana
analisis SWOT pada usaha ini?
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah:
1.
Untuk mengetahui profil usaha tersebut.
2.
Untuk mengetahui sistem marketing seperti apa yang
digunakan dalam usaha tersebut.
3. Dapat
mengetahui kendala yang dialami selama membuka usaha ini.
4. Dapat mengetahui analisis SWOT pada usaha ini.
BAB II
2.1 Profil Usaha
Nama
Usaha : Kantin Maju Motor
Nama
Pemilik Usaha : Dollyachyar
Alamat
Usaha : Jln. HM Rasyad Nawawi
(Kompleks Maju Motor)
Karyawan : 3 orang
Waktu
Operasional : 07.15 – 17.00 WIB
2.2
Sistem Marketing
Kantin Maju
Motor ini melakukan promosi dengan word of mouth (WOM). WOM ini hanya pada
sekitar kompleks maju motor saja.
2.3
Segmentasi
Segmentasi yang diambil
dari usaha ini, yaitu pegawai kantor di maju motor, pegawai bank, dan anak kos.
2.3
Kendala Usaha
Kendala yang
dialami Kantin Maju Motor ini adalah kadang sepi dan kadang ramai.
2.4
Analisis SWOT
Strengths:
-
Usaha ini dekat
dengan kantor maju motor.
-
Usaha ini
segmentasinya adalah pegawai kantor, bank dan anak kos.
-
Tempatnya luas.
-
Fasilitas
memadai (kursi dan meja banyak).
-
Menjaga kualitas
dan cita rasa makanan yang disajikan.
Weaknesses:
-
Jika kantor
libur, kantin ini juga tutup.
-
Menunya monoton
(tidak ada menu baru).
-
Tempatnya kotor
karena banyaknya kucing liar.
- Tempat usaha ini tidak strategis (bukan di pinggir jalan) sehingga tidak banyak masyarakat luar yang tahu adanya kantin ini (hanya orang-orang di komplek maju motor ini saja yang tahu kantin ini).
- Tempat usaha ini tidak strategis (bukan di pinggir jalan) sehingga tidak banyak masyarakat luar yang tahu adanya kantin ini (hanya orang-orang di komplek maju motor ini saja yang tahu kantin ini).
Opportunities:
-
Tidak ada
pesaing di kompleks maju motor ini sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih.
- Kemunngkinan dapat dijadikan menjadi kantin yang unggul di komplek maju motor.
- Kemunngkinan dapat dijadikan menjadi kantin yang unggul di komplek maju motor.
Threats:
-
Timbulnya
pesaing yang serupa dengan menu yang tidak monoton dan harga yang lebih murah.
- Memiliki kualitas jasa yang lebih baik dari pesaing.
- Mencari peluang dengan melihat adanya kekurangan dari kantin maju motor.
- Memiliki kualitas jasa yang lebih baik dari pesaing.
- Mencari peluang dengan melihat adanya kekurangan dari kantin maju motor.
FOTO
BAB III
3.1 Kesimpulan
UMKM adalah
usaha produktif yang berdiri sendiri oleh orang perseorangan ata badan usaha
yang bukan merupakan anak perusahaan atau pun cabang perusahaan yang dimiliki.
Kegiatan usaha tersebut dapat memperluas lapangan pekerjaan
3.2
Saran
Kedepannya
Kantin Maju Motor dapat berinovasi pada menu yang mereka jual dan tempat
usahanya dapat bersih dari kucing liar sehingga dapat memberikan kenyamanan
bagi pelanggan.
80
BalasHapus