Makalah Lingkungan Bisnis

MAKALAH LINGKUNGAN BISNIS
ANALISIS LINGKUNGAN SEKITAR KAMPUS
“KANTIN MAJU MOTOR”


DISUSUN OLEH:
NATHANIA
1620200007
MJ3A


Dosen pengampuh: Charisma Ayu Pramuditha,MHRM








SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG

2017-2018

KATA PENGANTAR
       Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah tepat pada waktunya. Makalah yang berjudul “Analisis Lingkungan Sekitar Kampus ‘Kantin Maju Motor’” yang disusun sebagai tugas pada mata kuliah Lingkungan Bisnis.
       Penulis menyadari masih banyak kekeliruan dan kekurangan dalam penyusunan makalah ini, maka dari pada itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dan melengkapi makalah ini. Semoga makalah yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.















                                                                                                                  Palembang,     Oktober 2017



                                                                                                 Nathania

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................  i
DAFTAR ISI ..................................................................................ii
BAB I ..............................................................................................1
1.1 Latar Belakang .......................................................................1
1.2 Rumusan Masalah ................................................................. 1
1.3 Tujuan Penulisan ....................................................................1
BAB II .............................................................................................3
    2.1 Sejarah Usaha ........................................................................3
    2.2 Sistem Marketing ...................................................................3
    2.3 Kendala Usaha .......................................................................3
    2.4 Analisis SWOT ......................................................................3
BAB III ...........................................................................................5
3.1 Kesimpulan ............................................................................5
3.2 Saran ......................................................................................5

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
                        Usaha Mikro Berdasarkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008    tentang UMKM (Usaha Menengah Kecil dan Mikro) adalah usaha produktif milik orang perorangan dan / atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.
                       Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam pasal 3 disebutkan bahwa usaha mikro bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan ekonomi yang berkeadilan. 
                       Pemilik kantin maju motor ini bekerja di restoran Chinese food Selatan Indah, lalu owner dari maju motor mengajak untuk bekerja sama membuka usaha rumah makan dengan harapan membantu dan mempermudah karyawan maju motor dan sekitarnya dalam mencari makanan siap saji.
                      Kantin Maju Motor ini sudah dibuka selama 3,5 tahun. Kantin ini dibuka karena pemilik ingin berdagang. Modal awal membuka berjualan adalah 5 juta.
                      Keuntungan yang di dapat setiap bulan 8 juta dengan pengeluaran 20 juta. Masakan di kantin maju motor ini di masak sendiri. Untuk kedepannya pemilik usaha kantin maju motor ini berencana untuk membuka cabang kantin maj motor.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang profil perusahaan, maka yang menjadi permasalahan dan diungkapkan dalam makalah ini adalah:
            1.      Bagaimana profil usaha tersebut?
            2.      Bagaimana sistem marketing usaha tersebut?
3.   Apa saja kendala yang dialami selama membuka usaha ini?
4.   Bagaimana analisis SWOT pada usaha ini?


1.3  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah:
1.        Untuk mengetahui profil usaha tersebut.
2.        Untuk mengetahui sistem marketing seperti apa yang digunakan dalam usaha tersebut.
3.    Dapat mengetahui kendala yang dialami selama membuka usaha ini.
4.    Dapat mengetahui analisis SWOT pada usaha ini.



BAB II

2.1 Profil Usaha
Nama Usaha                : Kantin Maju Motor
Nama Pemilik Usaha   : Dollyachyar
Alamat Usaha             : Jln. HM Rasyad Nawawi (Kompleks Maju Motor)
Karyawan                    : 3 orang
Waktu Operasional     : 07.15 – 17.00 WIB

2.2 Sistem Marketing
            Kantin Maju Motor ini melakukan promosi dengan word of mouth (WOM). WOM ini hanya pada sekitar kompleks maju motor saja.

2.3    Segmentasi
Segmentasi yang diambil dari usaha ini, yaitu pegawai kantor di maju motor, pegawai bank, dan anak kos.

2.3 Kendala Usaha
            Kendala yang dialami Kantin Maju Motor ini adalah kadang sepi dan kadang ramai.

2.4 Analisis SWOT
            Strengths:
-          Usaha ini dekat dengan kantor maju motor.
-          Usaha ini segmentasinya adalah pegawai kantor, bank dan anak kos.
-          Tempatnya luas.
-          Fasilitas memadai (kursi dan meja banyak).
-          Menjaga kualitas dan cita rasa makanan yang disajikan.
            Weaknesses:
-          Jika kantor libur, kantin ini juga tutup.
-          Menunya monoton (tidak ada menu baru).
-          Tempatnya kotor karena banyaknya kucing liar.
-          Tempat usaha ini tidak strategis (bukan di pinggir jalan) sehingga tidak banyak   masyarakat luar yang tahu adanya kantin ini (hanya orang-orang di komplek maju motor   ini saja yang tahu kantin ini).

            Opportunities:
-          Tidak ada pesaing di kompleks maju motor ini sehingga mendapatkan keuntungan yang   lebih.
-          Kemunngkinan dapat dijadikan menjadi kantin yang unggul di komplek maju motor.
            Threats:
-          Timbulnya pesaing yang serupa dengan menu yang tidak monoton dan harga yang lebih   murah.
-          Memiliki kualitas jasa yang lebih baik dari pesaing.
-          Mencari peluang dengan melihat adanya kekurangan dari kantin maju motor.
FOTO
 




BAB III

      3.1  Kesimpulan
UMKM adalah usaha produktif yang berdiri sendiri oleh orang perseorangan ata badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau pun cabang perusahaan yang dimiliki. Kegiatan usaha tersebut dapat memperluas lapangan pekerjaan

      3.2  Saran
Kedepannya Kantin Maju Motor dapat berinovasi pada menu yang mereka jual dan tempat usahanya dapat bersih dari kucing liar sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

Komentar

Posting Komentar