MAKALAH LINGKUNGAN BISNIS
WARALABA
“EL’S COFFEE”
DISUSUN OLEH:
NATHANIA
1620200007
MJ3A
Dosen pengampuh: Charisma Ayu Pramuditha,MHRM
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
2017-2018
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan karunianya penulis dapat
menyelesaikan makalah tepat pada waktunya. Makalah yang berjudul “Makalah Lingkungan Bisnis Waralaba EL's Coffee” yang disusun sebagai tugas pada
mata kuliah Lingkungan Bisnis.
Penulis menyadari masih banyak kekeliruan dan kekurangan dalam
penyusunan makalah ini, maka dari pada itu penulis mengharapkan kritik dan
saran yang bersifat membangun dan melengkapi makalah ini. Semoga makalah yang
sederhana ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Palembang, Desember 2017
Nathania
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
i
DAFTAR ISI
ii
BAB I
1
1.1
Latar Belakang
1
1.2
Rumusan Masalah
1
1.3
Tujuan Penulisan
2
BAB II
3
2.1 Profil Usaha
3
2.2 Aspek Produk
3
2.3 Sistem Marketing
4
2.4 SDM
4
2.5 Ketentuan Franchise
4
2.3 Kendala Usaha
5
2.3 Analisis SWOT
5
BAB III
7
3.1
Kesimpulan
7
3.2 Saran
7
DAFTAR PUSTAKA
8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Waralaba (Bahasa Inggris: franchising; Bahasa Perancis: franchise yang aslinya berarti hak atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk
atau jasa maupun layanan.
Suatu
sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk
melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang
telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
El’s
Coffe Palembang didirikan pada bulan Maret 2014, berlokasi di Jl. Rajawali, 9 Ilir, Ilir Tim. II lebih tepatnya di
komplek Rajawali Village Palembang, El’s coffee lalu pindah ke Jln.
Merbau. El’s Coffee menyajikan berbagai pilihan premium biji kopi gourmet dari
berbagai daerah di seluruh Indonesia. Biji kopi yang digunakan adalah 100% murni,
lokal berkembang, dan dipanggang oleh professional roaster Italia. El’s Coffee
bangga akhirnya melayani Indonesia dengan biji kopi terbaik premium di seluruh
Indonesia. Selain itu El’s Coffee tidak hanya menjual kopi-kopian saja, namun
ada juga makanan-makanan ringan seperti snack dan makanan berat seperti nasi
goreng dan minuman lainnya seperti float, milkshake, dll. Jadi dengan banyaknya
menu, dapat membuat pelanggan semakin nyaman dan tidak bosan dengan menu
kopi-kopi saja. El’s coffee juga akan selalu melakukan inovasi terhadap
produk-produknya.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan dan
diungkapkan dalam makalah ini adalah:
1. Bagaimana profil usaha tersebut?
2. Apa saja aspek produk di usaha ini?
3. Bagaimana sistem marketing usaha tersebut?
4. Bagaimana SDM yang dilakukan usaha ini?
5. Bagaimana ketentuan franchise pada usaha ini?
6. Apa saja kendala yang dialami selama membuka
usaha ini?
7. Bagaimana
analisis SWOT pada usaha ini?
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah:
1.
Untuk mengetahui profil usaha tersebut.
2.
Untuk mengetahui aspek produk apa saja yang ada di
usaha tersebut.
3.
Untuk mengetahui sistem marketing seperti apa yang
digunakan dalam usaha tersebut.
4.
Untuk mengetahui SDM yang dilakukan usaha tersebut.
5.
Untuk mengetahui
ketentuan franchise pada usaha
tersebut.
6. Dapat
mengetahui kendala yang dialami selama membuka usaha ini.
7. Dapat mengetahui analisis SWOT pada usaha ini.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Profil Usaha
Nama
Usaha : El’s Coffee
Nama
Pemilik Usaha : Agnes Noviani Leo
Alamat
Usaha : Jln. Merbau
Karyawan : 15 orang
Waktu
Operasional : 09.00-15.00WIB &
15.00-10.00WIB
El’s
Coffee adalah salah satu Coffee Shop yang membuka jasa walaba di Indonesia baik
luar negeri. El’s coffee ini awalnya usaha keluarga namun semakin lama nama
dari El’s Coffee ini sendiri semakin besar terutama di Bandar Lampung pendiri
yang bernama Elkana menjadikan EL’s sebagai nama coffee shopnya karena El
adalah nama awal dari sang pendiri El’s Coffee tersebut. Untuk perkembangan usaha El’s Coffee di
Indonesia, El’s Coffee telah tersebar di Aceh,Lampung,Jawa,Bali,Kalimantan,Padang,Papua,dll.
Sedangkan untuk diluar negeri Malaysia dan Singapur.
Awalnya
El’s Coffee hanya menjual kopi-kopi yang berasal dari seluruh wilayah
Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang El’s Coffee juga
menyediakan berbagai macam menu makanan, baik makanan ringan, makanan berat,
serta berbagai minuman lainnya seperti float,milkshake,dll.
2.2
Aspek
Produk
Untuk
aspek produksi El’s Coffee setiap harinya dapat memproduksi 50-70 cangkir kopi
setiap harinya. Bahan-bahan yang digunakan oleh El’s Coffee pun berkualitas
baik dan fresh karena bahan baku untuk makanan dibeli padasaat keadaan yang
fresh & disimpan pada lemari es yang khusus untuk menjaga daya tahan bahan
baku menjadi tahan lebih lama.
2.3 Sistem
Marketing
Untuk
system pemasaran yang El’s Coffe gunakan, El’s Coffee menggunakan media
pemasaran online yang berupa Fb,
Instagram, Twitter, dll, serta mendapatkan
bantuan promosi yang berasal dari pusat El’s Coffee. Untuk segmentasi El’s
Coffee ini adalah menengah dan kelas atas, karena harga dari El’s Coffee ini
dibilang cukup mahal.
Selain
itu pada tahun 2016 El’s Coffee bekerjasama dengan Go-Jek (Go-Food) untuk
membantu peningkatan serta promosi penjualan daripada El’s Coffee tersebut.
Segmentasi
yang diambil dari usaha ini adalah masyarakat umum tentunya untuk masyarakat
menengah dan kelas atas.
2.4
SDM
Untuk
System SDM pada El’s Coffee Palembang ini, mereka menggunakan system part time
bagi karyawannya, yaitu pukul 09.00-15.00WIB & 15.00-10.00WIB. Gaji yang
diberikan disesuaikan dengan jenjang karier terakhir karyawan, jika karyawan
lulusan SMA/SMK maka disesuaikan dengan SDM. Untuk karyawan memiliki 15 Anggota
Karyawan yang terdiri dari Manager,Supervisor,Barista,Koki & Pelayan.
2.5
Ketentuan Franchise
El’s Coffee menawarkan tiga paket waralaba. Pertama, gerai
kopi kelas stan. Gerai kecil ini cocok
dibuka di lobi perkantoran, bandara, atau di ruang pertemuan VIP. Untuk
waralaba kelas Express, modalnya sekitar Rp 400 juta. Modal segitu dipergunakan
untuk membayar franchisee fee (5 tahun), 1 unit mesin kopi, plus persediaan
biji kopi untuk tiga bulan. Untuk paket ini, terwaralaba bebas menentukan
tempat usahanya.
Kedua, paket Coffee House, yakni gerai kopi dengan luas ruang
minimal 100 m2. Modal awalnya sekitar Rp 3 miliar. Ini sudah termasuk franchise
fee (Rp 500 juta untuk 5 tahun), semua perlengkapan dan furnitur gerai, seragam
dan pelatihan pegawai, modal kerja, dan berbagai biaya lain.
Ketiga, paket Coffee House & Entertainment. Ini gerai
kopi ukuran besar –minimal 200 m2- yang dilengkapi berbagai sarana hiburan. Di
antaranya: live music, ruang karaoke yang bisa disulap menjadi ruang rapat, dan
meja biliar. Modal awalnya sekitar Rp 7,5 miliar.
2.6
Kendala Usaha
Kendala
yang dialami Kantin Maju Motor ini adalah kadang sepi dan kadang ramai.
2.7
Analisis SWOT
Strengths:
·
Menjual berbagai macam
kopi dari berbagai daerah
·
Tidak hanya menjual
kopi saja namun juga makanan dan minuman lain
·
Lokasi yang strategis
·
Tempat yang nyaman dan
bersih
·
Bisa delivery
·
Sudah memiliki citra merk di kalangan
masyarakat menengah dan kelas atas
·
Pelayanan yang ramah
·
Cocok untuk tempat
hangout
·
Desain interior yang
menarik
Weaknesses:
·
Harga yang relatih
mahal
·
Untuk pelayanan
pemesanan makanan cenderung sedikit lama (berdasarkan pengalaman)
·
Tidak menjual kopi dari
Negara lain.
·
Varian menu makanan
yang tidak terlalu banyak
Opportunities:
· Usaha
ini akan semakin berkembang, karena terbukti dengan tersebarnya El’s Coffee di
hampir seluruh Indonesia.
· Terus
melakukan invoasi produk. Baru-baru ini El’s Coffee menjual Red Velvet Coffee yang diberi toping
Pop-Corn.
Threats:
·
Timbulnya pesaing baru
yang menjual bisnis serupa namun dengan harga yang relatif lebih rendah.
·
Keunggulan dari pesaing
serupa starbuck, my kopi-O,
dll
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
El’s
Coffee adalah salah satu Coffee Shop yang membuka jasa walaba di Indonesia baik
luar negeri. El’s coffee ini awalnya usaha keluarga namun semakin lama nama
dari El’s Coffee ini sendiri semakin besar terutama di Bandar Lampung pendiri
yang bernama Elkana menjadikan EL’s sebagai nama coffee shopnya karena El
adalah nama awal dari sang pendiri El’s Coffee tersebut. Untuk perkembangan usaha El’s Coffee di
Indonesia, El’s Coffee telah tersebar di Aceh,Lampung,Jawa,Bali,Kalimantan,Padang,Papua,dll.
Sedangkan untuk diluar negeri Malaysia dan Singapur.
Awalnya
El’s Coffee hanya menjual kopi-kopi yang berasal dari seluruh wilayah
Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang El’s Coffee juga
menyediakan berbagai macam menu makanan, baik makanan ringan, makanan berat,
serta berbagai minuman lainnya seperti float,milkshake,dll.
3.2
Saran
Saran
saya adalah, sebaiknya El’s Coffee memperbanyak menu kopi, misalnya dari berbagai Negara yang terkenal dengan cita
rasa kopinya. Setelah itu, untuk harga, sebaiknya diberikan discount kepada
pelanggan-pelanggan setia El’s Coffee. Meningkatkan pelayanan terutama
pelayanan pada pemesanan makanan, agar konsumen tidak jenuh menunggu makanan
terlalu lama. Terus lakukan variasa baik minuman dan makanan agar membuat
konsumen tetap setia dan penasaran dengan inovasi yang El’s Coffee lakukan.
DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia.
(Online) https://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba.
Diakses: 26 Desember 2017
El’s
Coffee. (Online) https://elscoffee.com/.
Diakses: 26 Desember 2017
Komentar
Posting Komentar