Makalah Lingkungan Bisnis (sebelum UAS)

MAKALAH LINGKUNGAN BISNIS
WARALABA
“EL’S COFFEE”


DISUSUN OLEH:
NATHANIA
1620200007
MJ3A


Dosen pengampuh: Charisma Ayu Pramuditha,MHRM








SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG

2017-2018

KATA PENGANTAR
       Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah tepat pada waktunya. Makalah yang berjudul “Makalah Lingkungan Bisnis Waralaba EL's Coffee” yang disusun sebagai tugas pada mata kuliah Lingkungan Bisnis.
       Penulis menyadari masih banyak kekeliruan dan kekurangan dalam penyusunan makalah ini, maka dari pada itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dan melengkapi makalah ini. Semoga makalah yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.





                                                                                 Palembang,     Desember 2017



                                                                                                 Nathania


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 1
1.3 Tujuan Penulisan 2
BAB II 3
    2.1 Profil Usaha 3
    2.2 Aspek Produk 3
    2.3 Sistem Marketing 4
    2.4 SDM 4
    2.5 Ketentuan Franchise 4
    2.3 Kendala Usaha 5
    2.3 Analisis SWOT 5
BAB III 7
3.1 Kesimpulan 7
3.2 Saran 7
DAFTAR PUSTAKA 8

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Waralaba (Bahasa InggrisfranchisingBahasa Perancisfranchise yang aslinya berarti hak atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.
Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
El’s Coffe Palembang didirikan pada bulan Maret 2014, berlokasi di Jl. Rajawali, 9 Ilir, Ilir Tim. II lebih tepatnya di komplek Rajawali Village Palembang, El’s coffee lalu pindah ke Jln. Merbau. El’s Coffee menyajikan berbagai pilihan premium biji kopi gourmet dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Biji kopi yang digunakan adalah 100% murni, lokal berkembang, dan dipanggang oleh professional roaster Italia. El’s Coffee bangga akhirnya melayani Indonesia dengan biji kopi terbaik premium di seluruh Indonesia. Selain itu El’s Coffee tidak hanya menjual kopi-kopian saja, namun ada juga makanan-makanan ringan seperti snack dan makanan berat seperti nasi goreng dan minuman lainnya seperti float, milkshake, dll. Jadi dengan banyaknya menu, dapat membuat pelanggan semakin nyaman dan tidak bosan dengan menu kopi-kopi saja. El’s coffee juga akan selalu melakukan inovasi terhadap produk-produknya.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan dan diungkapkan dalam makalah ini adalah:
1. Bagaimana profil usaha tersebut?
2. Apa saja aspek produk di usaha ini?
3. Bagaimana sistem marketing usaha tersebut? 
4. Bagaimana SDM yang dilakukan usaha ini? 
5. Bagaimana ketentuan franchise pada usaha ini?
6Apa saja kendala yang dialami selama membuka usaha ini?
7. Bagaimana analisis SWOT pada usaha ini?

1.3  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah:
1.        Untuk mengetahui profil usaha tersebut.
2.        Untuk mengetahui aspek produk apa saja yang ada di usaha tersebut.
3.        Untuk mengetahui sistem marketing seperti apa yang digunakan dalam usaha tersebut.
4.        Untuk mengetahui SDM yang dilakukan usaha tersebut.
5.        Untuk  mengetahui ketentuan franchise pada usaha tersebut.
6.    Dapat mengetahui kendala yang dialami selama membuka usaha ini.
7.    Dapat mengetahui analisis SWOT pada usaha ini.







BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Profil Usaha
Nama Usaha                : El’s Coffee
Nama Pemilik Usaha   : Agnes Noviani Leo
Alamat Usaha             : Jln. Merbau
Karyawan                    : 15 orang
Waktu Operasional     : 09.00-15.00WIB & 15.00-10.00WIB
El’s Coffee adalah salah satu Coffee Shop yang membuka jasa walaba di Indonesia baik luar negeri. El’s coffee ini awalnya usaha keluarga namun semakin lama nama dari El’s Coffee ini sendiri semakin besar terutama di Bandar Lampung pendiri yang bernama Elkana menjadikan EL’s sebagai nama coffee shopnya karena El adalah nama awal dari sang pendiri El’s Coffee tersebut.  Untuk perkembangan usaha El’s Coffee di Indonesia, El’s Coffee telah tersebar di Aceh,Lampung,Jawa,Bali,Kalimantan,Padang,Papua,dll. Sedangkan untuk diluar negeri Malaysia dan Singapur.
Awalnya El’s Coffee hanya menjual kopi-kopi yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang El’s Coffee juga menyediakan berbagai macam menu makanan, baik makanan ringan, makanan berat, serta berbagai minuman lainnya seperti float,milkshake,dll.

2.2  Aspek Produk

Untuk aspek produksi El’s Coffee setiap harinya dapat memproduksi 50-70 cangkir kopi setiap harinya. Bahan-bahan yang digunakan oleh El’s Coffee pun berkualitas baik dan fresh karena bahan baku untuk makanan dibeli padasaat keadaan yang fresh & disimpan pada lemari es yang khusus untuk menjaga daya tahan bahan baku menjadi tahan lebih lama.

2.3    Sistem Marketing
Untuk system pemasaran yang El’s Coffe gunakan, El’s Coffee menggunakan media pemasaran online yang berupa Fb, Instagram, Twitter, dll, serta mendapatkan bantuan promosi yang berasal dari pusat El’s Coffee. Untuk segmentasi El’s Coffee ini adalah menengah dan kelas atas, karena harga dari El’s Coffee ini dibilang cukup mahal.
Selain itu pada tahun 2016 El’s Coffee bekerjasama dengan Go-Jek (Go-Food) untuk membantu peningkatan serta promosi penjualan daripada El’s Coffee tersebut.
Segmentasi yang diambil dari usaha ini adalah masyarakat umum tentunya untuk masyarakat menengah dan kelas atas.

2.4  SDM
Untuk System SDM pada El’s Coffee Palembang ini, mereka menggunakan system part time bagi karyawannya, yaitu pukul 09.00-15.00WIB & 15.00-10.00WIB. Gaji yang diberikan disesuaikan dengan jenjang karier terakhir karyawan, jika karyawan lulusan SMA/SMK maka disesuaikan dengan SDM. Untuk karyawan memiliki 15 Anggota Karyawan yang terdiri dari Manager,Supervisor,Barista,Koki & Pelayan.

2.5  Ketentuan Franchise
El’s Coffee menawarkan tiga paket waralaba. Pertama, gerai kopi kelas stan.  Gerai kecil ini cocok dibuka di lobi perkantoran, bandara, atau di ruang pertemuan VIP. Untuk waralaba kelas Express, modalnya sekitar Rp 400 juta. Modal segitu dipergunakan untuk membayar franchisee fee (5 tahun), 1 unit mesin kopi, plus persediaan biji kopi untuk tiga bulan. Untuk paket ini, terwaralaba bebas menentukan tempat usahanya.
Kedua, paket Coffee House, yakni gerai kopi dengan luas ruang minimal 100 m2. Modal awalnya sekitar Rp 3 miliar. Ini sudah termasuk franchise fee (Rp 500 juta untuk 5 tahun), semua perlengkapan dan furnitur gerai, seragam dan pelatihan pegawai, modal kerja, dan berbagai biaya lain.
Ketiga, paket Coffee House & Entertainment. Ini gerai kopi ukuran besar –minimal 200 m2- yang dilengkapi berbagai sarana hiburan. Di antaranya: live music, ruang karaoke yang bisa disulap menjadi ruang rapat, dan meja biliar. Modal awalnya sekitar Rp 7,5 miliar.

2.6 Kendala Usaha
Kendala yang dialami Kantin Maju Motor ini adalah kadang sepi dan kadang ramai.

2.7 Analisis SWOT
            Strengths:
·         Menjual berbagai macam kopi dari berbagai daerah
·         Tidak hanya menjual kopi saja namun juga makanan dan minuman lain
·         Lokasi yang strategis
·         Tempat yang nyaman dan bersih
·         Bisa delivery
·         Sudah memiliki citra merk di kalangan masyarakat menengah dan kelas atas
·         Pelayanan yang ramah
·         Cocok untuk tempat hangout
·         Desain interior yang menarik
            Weaknesses:
·         Harga yang relatih mahal
·         Untuk pelayanan pemesanan makanan cenderung sedikit lama (berdasarkan pengalaman)
·         Tidak menjual kopi dari Negara lain.
·         Varian menu makanan yang tidak terlalu banyak


            Opportunities:
·      Usaha ini akan semakin berkembang, karena terbukti dengan tersebarnya El’s Coffee di hampir seluruh Indonesia.
·      Terus melakukan invoasi produk. Baru-baru ini El’s Coffee menjual  Red Velvet Coffee yang diberi toping Pop-Corn.

            Threats:
·         Timbulnya pesaing baru yang menjual bisnis serupa namun dengan harga yang relatif lebih rendah.
·         Keunggulan dari pesaing serupa starbuck, my kopi-O, dll







BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
El’s Coffee adalah salah satu Coffee Shop yang membuka jasa walaba di Indonesia baik luar negeri. El’s coffee ini awalnya usaha keluarga namun semakin lama nama dari El’s Coffee ini sendiri semakin besar terutama di Bandar Lampung pendiri yang bernama Elkana menjadikan EL’s sebagai nama coffee shopnya karena El adalah nama awal dari sang pendiri El’s Coffee tersebut.  Untuk perkembangan usaha El’s Coffee di Indonesia, El’s Coffee telah tersebar di Aceh,Lampung,Jawa,Bali,Kalimantan,Padang,Papua,dll. Sedangkan untuk diluar negeri Malaysia dan Singapur.
Awalnya El’s Coffee hanya menjual kopi-kopi yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang El’s Coffee juga menyediakan berbagai macam menu makanan, baik makanan ringan, makanan berat, serta berbagai minuman lainnya seperti float,milkshake,dll.
3.2 Saran
Saran saya adalah, sebaiknya El’s Coffee memperbanyak menu kopi, misalnya  dari berbagai Negara yang terkenal dengan cita rasa kopinya. Setelah itu, untuk harga, sebaiknya diberikan discount kepada pelanggan-pelanggan setia El’s Coffee. Meningkatkan pelayanan terutama pelayanan pada pemesanan makanan, agar konsumen tidak jenuh menunggu makanan terlalu lama. Terus lakukan variasa baik minuman dan makanan agar membuat konsumen tetap setia dan penasaran dengan inovasi yang El’s Coffee lakukan.





DAFTAR PUSTAKA
            Wikipedia. (Online) https://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba. Diakses: 26 Desember 2017
El’s Coffee. (Online) https://elscoffee.com/. Diakses: 26 Desember 2017


Komentar