Laporan Field Trip 2018

Nama kelompok :
Desy Puspita Sari (1620200070)
Nathania (1620200007)
Siti Eflirine Hairunisya (1620200069)
Syarif Maulana (1620200101)

LAPORAN FIELD TRIP 2018
(Malaysia, Singapura, dan Batam)



Hari Pertama
      Beryl’s Fine Chocolate
o   Coklat pertama kali dibawa ke malaysia dari filipina pada abad ke-18. kawasan kebun coklat pertama kali ditemukan di melaka tahun 1778.
o   Penanaman coklat secara komersial di malaysia berawal pada tahun 1950-an, di sabah dan coklat jenis amelonado yang pertama kali ditanam dengan luas kawasan tanam nya yaitu 403 dan puncaknya tahun 1989 mencapai 414,236 hektar.
o   Industri pengolahan coklat di malaysia barawal pada tahun 1973 dan berkembang pesat pada tahun 1980-an. Sebagai pusat pengolahan dan pemrosesan coklat terbesar di Asia, Malaysia mempunyai 11 lokasi pengolahan coklat pada tahun 2009 dengan tingkat ekspor sebesar RM 3.35 juta pada 2008.
o   Mentega coklat masih penyumbang utama jumlah pendapatan ekspor coklat di malaysia, di ikuti oleh serbuk coklat, coklat, pasta coklat dan biji coklat.
Ø  Proses Pembuatan Coklat
  • Bahan
Empat bahan utama yang di gunakan ialah massa cokelat, mentega cokelat, gula dan susu. Untuk kadar tergantung dengan jenis coklat yang dibuat.
  • Pencampuran
                                                yaitu mencampurkan bahan mentah untuk menjadi pasta coklat.
  • Penghalusan
untuk menghaluskan partikel susu, coklat, dan gula dengan menggunakan mesin penggiling.
  • Conching
                                                untuk meningkirkan kelembapan dan membentuk perisa coklat.
  • Tempering
Setelah proses ‘Conching’ prses selanjutnya adalahTempering. Tempering adalah tahap terakhir dan penting dalam pembuatan cokelat. Ini adalah proses yang kompleks yang melibatkan pemanasan dan pendinginan. Dilakukan secara sangat berhati-hati untuk memastikan kadar lemak dalam cokelat stabil.
  • Pencetakan
Setelah di temper, cokelat diisi ke dalam cetakan polikarbonat. Cetakan yang berisi cokelat diletakkan di atas meja yang bergetar untuk menggoncang cokelat selama beberapa menit untuk memastikan bahwa cokelat yang dihasilkan rata dan tidak bergelembung.
         


  
      Genting Highland dengan Sky Way
o   Genting adalah sebuah tempat wisata yang cukup terkenal di Malaysia. Sesuai dengan namanya yaitu Genting Highland yang jika diartikan menjadi Tanah Tinggi Genting, lokasi ini memang berada di ketinggian, tepatnya puncak gunung dari daerah pegunungan Titiwangsa. Kurang lebih 2.000 meter di atas permukaan air laut. Letak tepatnya ada di perbatasan antara Selangor dengan Pahang
o   Genting Sky Way adalah kereta gantung cukup terkenal untuk menikmati panorama indah dari atas bukit. Sementara untuk Genting Highland Cable Car adalah yang terpanjang dan tercepat di Asia Tenggara. Udara yang sejuk cenderung dingin akan menyambut saat sampai lokasi.
o   Melihat first wolrd plaza yang mana Saat malam hari tempat ini semakin indah dengan hiasan lampu yang beraneka warna. Tidak hanya itu saja tempat wisata ini juga dipenuhi dengan banyak patung kartun, lampu neon bernaeka warna dan berbagai macam replika dari kancah internasional yang sudah menjadi ciri khas mereka
Hari Kedua
      Universitas Utara Malaysia Kuala Lumpur
o   UUM terletak di Sintok, Kedah, dan Kuala Lumpur. Didirikan pada tahun 1984, Universitas ini juga dikenal sebagai universitas manajemen dengan visi menjadi universiti pengurusan terkemuka, misi mendidik pemimpin berperwatakan holistik untuk berbakti kepada komuniti global, dan motto Ilmu, budi bakti. Universitas ini memiliki fakultas seni, dan sains, fakultas bisnis dan hukum, pemerintahan dan studi internasional. Program yang ditawarkan antara lain sarjana, dan pasca sarjana.
o   UUMKL hanya fokus untuk pendidikan pascasarjana saja.
o   Di UUM mahasiswa dilatih untuk berbisnis dan juga disediakan tempat untuk melakukan bisnis tersebut. Di UUM juga mempunyai fasilitas untuk mahasiswa yang lengkap seperti lapangan golf dan lain-lain.
                          

      Pasar Seni
o   Central Market Kuala Lumpur merupakan pasar yang menjual aneka benda seni, suvenir, dan masih banyak yang lain. Pasar dengan bangunan bergaya kolonial Inggris ini sudah ada sejak tahun 1888, maka dari itu dijuluki pasar seni.
                              
      Uni KL
o   Universiti Kuala Lumpur  (UniKL) berdiri sejak 2002 dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan teknik di Malaysia. UniKL dimiliki oleh Majlis Amanah Rakyat (MARA), sebuah lembaga di bawah ‘Kementerian Kemajuan Luar Bandar dan Wilayah (KKLW)’ Malaysia. UniKL memiliki 14 institut yang menawarkan program-program dalam berbagai kategori teknologi teknik yang berbeda-beda. Program-program yang ditawarkan antara lain adalah program tingkat sarjana, pascasarjana dan doktoral, selain itu ditawarkan pula program-program dasar dan pelatihan singkat bersertifikat profesional.
o   Universiti Kuala Lumpur Business School (UniKL Business School) Pada tingkat pascasarjana menawarkan program PhD/doktoral dalam bidang Manajemen, S2/Pascasarjana/Magister Manajemen (dengan penelitian), Magister Bisnis Administrasi (dengan spesialisasi) dan Magister Bisnis Administrasi (Kewirausahaan). Pada tingkat S1/Sarjana, universitas menawarkan Sarjana Akuntansi (Hons); Sarjana Bisnis Administrasi (Hons) dalam Manajemen dan Kewirausahaan; dan Sarjana Bisnis Administrasi  (Hons) dalam Manajemen Pemasaran dan Ritel.
Hari Ketiga
      Yakult Malysia
o   Untuk mesin di datangkan langsung dari jepang dan dalam satu hari produksi Pabrik Yakult Malaysia dapat menghasilkan maksimal 700.000 botol Yakult dan minimal 470.000 botol Yakult. Jadi bisa di simpulkan dalam satu jam produksi menghasilkan 7.000 botol Yakult. Dengan kinerja karyawan mulai dari jam 08.00 – 17.00.
o   Bahan pembuatan yakult bakteri Lactobacilus casei shirot hidup, susu bubuk skim, sukrosa dan glukosa, perisa dan air. Di pabrik Yakult Malaysia sendiri masih mendatangkan induk bakteri dari jepang langsung dan dikembang biakkan di malaysia dan tepung susu skim dari Australia, diluar dari pada itu mereka memproduksi nya sendiri mulai dari botol sampai label penutup botol Yakult.
o   Masalah yang sering dihadapi oleh Yakult malaysia yaitu :
      Kontaminasi dari luar Jika tidak tertutup dengan benar maka produk tersebut akan ditarik kembali oleh pabrik.
      Kerusakan mesin yang mana jika kerusakan sudah parah baru di datangkan teknisi langsung dari jepang.
o   Untuk menjaga kebersihan dari mesin. Mesin akan di bersihkan 2 kali sehari secara rutin pada saat selesai produksi dan di pagi hari sebelum memulai produksi untuk memastikan bahwa mesin dalam keadaan bersih.
o   Yakult juga mengadakan kerjasama dengan federasi olahraga untuk meningkatkan penjualan.
o   Di Pabrik Yakult Malaysia sendiri memproduksi 2 jenis Yakult, original dan less sugar yang mana membuat perbedaan dengan yakult yang ada di negara lain. Dan Pabrik Yakult Malaysia juga mengekspor Yakult varian less sugar ke negara Singapore.

                      
      Melaka
o   Masjid Selat Melaka
o   Adalah salah satu masjid yang tercantik di Malaysia. Ia dibangun di sebuah pulau buatan yang di beri nama Pulau Melaka. Apabila air pasang, masjid ini kelihatan seperti terapung di lautan.
o   Rumah Merah
o   Rumah merah adalah struktur bersejarah yang terletak di pusat pentadbiran negeri Melaka yaitu di tengah-tengah bandaraya Melaka, Malaysia yang dikenali sebagai Bangunan Merah yang juga berdekatan dengan menara jam juga berwarna merah. Ia dibangun oleh Belanda pada tahun 1650.




Hari Keempat
      China Town
o   Kawasan wisata perbelanjaan yang mana dipusat perbelanjaan ini, para wisatawan bisa mendapatkan aneka barang kerajinan yang dijual di pasar tradisional tersebut. Dan beberapa barang karya seni juga bisa Anda temukan selain aneka barang-barang umum seperti pakaian hingga kebutuhan sehari-hari dan banyak barang-barang yang bisa dibeli wisatawan untuk dijadikan buah tangan (oleh-oleh).

Hari Kelima
      Kedai Durian Tok Ngah
o   Berdiri di Kota Batam pada bulan Oktober 2013 tepatnya di daerah Seraya. Awalnya Kedai Durian Tok Ngah hanya sebuah industry rumahan yang berjualan hanya melalui media social Instagram akan tetapi sekarang tumbuh menjadi salah satu perusahaan yang focus menggarap pasar Oleh-oleh di Batam. Kedai Durian Tok Ngah mempekerjakan ibu-ibu dalam memenuhi kebutuhan produksinya. Kedai Durian Tok Ngah saat ini sudah memiliki 5 cabang penjualan yang tersebar di Kota Batam. Untuk konsep bisnisnya yaitu oleh-oleh yang membawa ciri khas daerah dikemas secara modern dengan marketing activity secara profesional dan kekinian.
o   Untuk customer Kedai Durian Tok Ngah lebih banyak wisatawan dan juga masyarakat batam sendiri.
o   Perbedan Kedai Durian Tok Ngah dengan yang lainnya yaitu : nama yang kemelayu-melayuan dan barang yang dijual berbeda dari yang lain dan lebih khas.
o   Kedai Durian Tok Ngah sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan di Kota Batam antara lain, pameran/ event, pembagian snack box, sponsorship di acara pemuda dan pemerintah, dan foto/ video contest.
o   Alasan Kedai Durian Tok Ngah memilih usaha oleh oleh karena ketika seseorang keluar kota biasanya pasti selalu membawa oleh-oleh dan bisnis oleh-oleh juga tidak ada matinya dan bukan bisnis musiman.
o   Produk dari Kedai Durian Tok Ngah bermacam yaitu : Golden Durian, Brownis Durian, Otak-otak, Luti Gendang, Pnacake Durian, dan aneka snack dan jenis cokelat. Durian yang di pakai di Kedai Durian Tok Ngah sendiri di datangkan langsung dari Medan. Mereka sudah bekerja sama dengan distributor durian di Kota Medan yang bisa menjamin kualitas dan ketersediaan produk.
o   Adapun untuk mengatasi produk yang tidak terjual dan mendekati kadaluwarsa Kedai Durian Tok Ngah akan mengirimkan produknya tersebut ke outlet yang lebih ramai seperti di bandara sehingga dapat memeinimalisir produk yang tidak terjual dan mengurangi kerugian.



Pengembangan Produk di Pasar Seni
      Rencana nya akan membuat lilin aroma terapi dengan sabun yang kelompok kami beli di Pasar Seni.
                               

Pengembangan Produk di China Town
      Rencana nya kelompok kami akan membuat bouquet bunga dari bungan yang kami beli di China Town.
                           


Kesimpulan:
  v  Malaysia
      Perdagangan di Malaysia sangat teratur dari tempat dan wilayahnya. Seperti pasar seni yang tempatnya bersih dan teratur.
      Banyak terdapat barang-barang unik yang belum bisa ditemukan di Indonesia.
      Pariwisata lebih tertata dan fasilitas di pariwisata tersebut lengkap (Pariwisata benar-benar diperhatikan dan dikelola dengan baik.)
      Teknologi sudah diaplikasikan di beberapa tempat seperti tiket masuk ke cable car yang hanya di scan.
      Cara pedagang menawarkan produk mereka juga menjadi poin dimana mereka menggunakan berbagai macam bahasa konsumen (turis).

  v  Singapore
      Semua kendaraan harus melaju dengan cepat dibeberapa tempat tertentu dan jika berhenti juga tidak bisa lama sehingga penduduk memang terbiasa untuk cepat.
      Berdiri di escalator juga harus salah satu saja dan bagian lainnya untuk orang lain yang ingin lewat karena harus cepat.
      Teknologi sudah canggih.
      Pariwisata benar-benar sangat baik, tertata dengan rapid an terkelola dengan sangat baik pula.
      Tempat untuk berdagang pun sudah diberikan tempat dan tersusun rapi sehingga jalan benar-benar diberikan kepada konsumen.
      Produk yang dijual unik dan belum ada di Indonesia.

  v  Batam
      Bisnis oleh-oleh juga dapat menghasilkan keuntungan yang besar.
      Produk diinovasikan dengan jaman sekarang yang lebih menyukai ‘kekinian’ tanpa meninggalkan cirri khas daripada kota Batam itu sendiri.
      Promosi di media sosial juga dapat menghasilkan konsumen.
      Untuk perdagangan lebih ke suatu wilayah dan terdapat toko-toko yang menjual brang-barang yang memang menjadi icon di kota Batam (barang impor, elektronik,dll) sehingga cukup tertata.





Komentar