TUGAS MSDM (Sebelum UTS)


PROSES MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
 RUMAH SAMBAL JUARA



DISUSUN OLEH:
NATHANIA
1620200007
MJ4A


Dosen pengampuh: Charisma Ayu Pramuditha,MHRM








SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
2017-2018

KATA PENGANTAR

       Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah tepat pada waktunya. Makalah yang berjudul “Analisis Lingkungan Sekitar Kampus ‘Kantin Maju Motor’” yang disusun sebagai tugas pada mata kuliah Lingkungan Bisnis.
       Penulis menyadari masih banyak kekeliruan dan kekurangan dalam penyusunan makalah ini, maka dari pada itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dan melengkapi makalah ini. Semoga makalah yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.















                                                                                 Palembang,                   April 2018



                                                                                                 Nathania

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 1
1.3 Tujuan Penulisan 1
BAB II 2
    2.1 Pengertian Proses SDM 2
    2.2 Profil Rumah Sambal Juara 2
    2.3 Proses MSDM 2
    2.4 Permasalahan dan Solusi 4
BAB III 5
3.1 Kesimpulan 5
DAFTAR PUSTAKA 6

 BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Menurut Suarthana (2006 : 23) restoran adalah: “tempat usaha yang komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan pelayanan makanan dan minuman untuk umum di tempat usahanya.”
Sedangkan menurut Sihite (2000 : 16) restoran adalah: “suatu tempat dimana seseorang yang datang menjadi tamu yang akan mendapatkan pelayanan untuk menikmati makanan, baik pagi, siang, atau pun malam sesuai dengan jam bukanya dan oleh tamu yang menikmati hidangan itu harus membayar sesuai dengan harga yang ditentukan sesuai daftar yang disediakan di restoran itu.”
Jadi, restoran adalah tempat usaha yang melayani tamu yang datang dengan ruang lingkup kegiatannya menyediakan makanan dan minuman yang bersifat komersial.

1.2  Rumusan Masalah
2.1        Apa yang dimaksud dengan proses SDM ?
2.2        Bagaimana profil Rumah Sambal Juara?
2.3        Bagaimana proses msdm Rumah Sambal Juara?
2.4        Apa permasalahan dan solusi MSDM Rumah Sambal Juara?

1.3  Tujuan
3.1        Untuk mengetahui apa itu proses SDM.
3.2        Untuk mengetahui bagaimana profil Rumah Sambal Juara.
3.3        Untuk mengetahui bagaimana proses MSDM Rumah Sambal Juara.
3.4         Untuk mengetahui apa permasalahan dan solusi MSDM Rumah Sambal Juara.






BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Proses SDM
            Proses adalah metode atau cara sistematis dalam melakukan atau menangani suatu kegiatan. Untuk memperoleh, mempertahankan, dan mengembangkan sumber daya manusia yang potensial, perusahaan harus melakukan serangkaian proses manajemen sumber daya manusia yang dimulai dari tahap perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi, perjanjian kerja, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan karyawan, penilaian kinerja, imbal jasa sampai dengan pemutusan hubungan kerja (PHK).

2.2 Profil Rumah Sambal Juara

Nama Usaha                : Rumah Sambal Juara
Nama Pemilik Usaha   : Emilia Susan dan Natasha Christina Wijaya
Tahun berdiri               : 2017
Alamat Usaha             : Jln. Dempo Luar/Lingkaran (Samping Bank BNI Dempo), Ilir Timur 1, Palembang
Karyawan                    : 6 orang
Waktu Operasional     : 10.00 - 21.30 WIB

2.3 Proses MSDM Rumah Sambal Juara
1          .      Perencanaan SDM
Perencanaan sumber daya manusia adalah proses analisis dan identifikasi yang dilakukan organisasi terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia, sehingga organisasi tersebut dapat menentukan langkah yang harus diambil guna mencapai tujuannya.
Sumber daya manusia dapat bekerja maksimal dan memberikan keuntungan maksimal bagi usaha restauran ini.
2          .      Rekrutmen
            Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah               orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik             tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia.
Rekrutmen yang dilakukan oleh Rumah Sambal Juara ini adalah melalui Facebook dengan iklan. Kriteria, job desk, dan jumlah range gaji yang akan dimuat di iklan tersebut.
3           .      Seleksi
            Setelah iklan dipasang selanjutnya pelamar akan menelepon, lalu owner akan                            menyaring foto dan ktp pelamar via WhatsApp. Setelah itu, owner akan memilih dan meminta pelamar untuk datang membawa cv dan melakukan interview. Setelah interview, owner akan                            menyeleksi lagi, lalu jika sudah tepat (ok) baru ditarik.
4           .      Perjanjian Kerja
           Perjanjian Kerja adalah suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan                   dan/atau tulisan, baik untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat               syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban pekerja dan perusahaan.
           Rumah Sambal Juara (RSJ) memiliki kontrak kerja dengan 3 karyawan, yaitu koki dan             2 asisten koki dimana 3 karyawan ini tidak diperbolehkan mengundurkan diri hingga 1 tahun               kerja. Jika mengundurkan diri akan dikenakan denda.
           RSJ juga memberlakukan bon diatas tanggal 15 setiap bulannya dan dibatasi maksimal             separuh gaji.
           RSJ juga tidak boleh datang terlambat, jika terlambat akan dipotong gaji.
5          .      Orientasi dan penempatan
           Orientasi adalah adalah upaya pelatihan dan pengembangan awal bagi para karyawan               baru yang memberi mereka informasi mengenai perusahaan, jabatan, dan kelompok kerja.
           RSJ memberikan informasi saat di interview. Setelah interview pelamar akan diterima               dan langsung diberitahu job desk dan informasi pekerjaannya.

6          .      Pelatihan dan pengembangan
Pelatihan adalah Proses yang didesain untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknis, ataupun meningkatkan kinerja pegawai
Pengembangan adalah Proses yang didesain untuk meingkatkan kemampuan konseptual, kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan memperluas human relation.
          Rumah Sambal Juara tidak melakukan pelatihan khusus karena karyawan yang dicari dan diterima adalah karyawan yang sudah mahir di bidangnya.

7           .      Penilaian kerja
             Menurut Henry Simamora (1995:327) kinerja karyawan adalah tingkat terhadap mana para karyawan mencapai persyaratan-persyaratan pekerjaan.
             Kerapihan, kecepatan, kejujuran, dan kebersihan menjadi poin penting bagi RSJ.
8          .      Imbalan jasa
             Imbalan jasa adalah semua pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk                     pekerja dan diterima serta dinikmati oleh pekerja baik secara langsung atau tidak langsung                   (Ruky, 2001).          
              RSJ memberikan libur satu bulan sekali kepada karyawan.

9          .      Pemberhentian
             Pemberhentian adalah pemutusan hubungan kerja seseorang karyawan dengan                suatu organisasi perusahaan. Dengan pemberhentian, berarti berakhirnya keterikatan kerja            karyawan terhadap perusahaan.
               Jika owner merasa karyawan malas atau sungkan kerja, sering izin, ditegur                      justru membantah, owner akan melakukan pemecatan secara langsung.


2.4 Permasalahan dan solusi MSDM Rumah Sambal Juara
·         Permasalahan:
-          Karyawan malas
-          Karyawan tidak jujur
·         Solusi:
-          Ketahui penyebab karyawan itu malas, apakah karyawan memiliki masalah atau tidak.
-          Berikan motivasi kepada karyawan.
-          Pantau perkembangan karyawan.
-          Beri sanksi.
-          Beri peringatan kepada karyawan yang tidak jujur, jika sudah kelewatan sebaiknya diberhentikan saja untuk kebaikan usaha.


BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Rumah Sambal Juara sangat tepat menjadi pilihan restoran yang nyaman dengan menu yang enak juga bagi yang menyukai makanan pedas Rumah Sambal Juara (RSJ) menyediakan berbagai macam sambal dan menu di RSJ juga bervariasi. RSJ cocok untuk makan bersama teman dan keluarga.






DAFTAR PUSTAKA

Wallenburg, Martin Cornelis, 2012, Orientasi dan Penempatan (Online) (http://martinhandoko.blogspot.co.id/2012/06/orientasi-dan-penempatan.html Diakses pada tanggal 5 April 2018)
Ayu, Irrine, 2015, Pelatihan dan Pengembangan SDM: Pengertian, manfaat, metode (online) https://irrineayu.wordpress.com/2015/04/03/pelatihan-dan-pengembangan-sdm-pengertian-manfaat-metode/ Diakses pada tanggal 5 April 2018)




Komentar