ANALISIS PROSES PERUBAHAN DARI PT. PEGADAIAN
Disusun Oleh :
Nathania
1620200007
STIE
MULTI DATA PALEMBANG
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN
PALEMBANG
2019
BAB I
PENDAHULUAN
PT. Pegadaian (Persero) merupakan suatu perusahaan Negara
atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebagaia salah satu perusahaan Negara PT.
Pegadaian merupakan bagian penggerak ekonomi nasional yang dituntut untuk tidak
hanya memberikan kontribusi kepada Negara namun juga mendorong pertumbuhan
perekonomian rakyat. Sejak pendiriannya, PT. Pegadaian sudah banyak memberikan
manfaat bagi masyarakat Indonesia kususnya untuk kalangan masyarakat menengah kebawah
untuk mendapatkan modal. Kepercayaan yang tinggi serta inovasi yang tiada henti
dalam memberikan solusi bagi masyarakat. Dapat dilihat ditengah era persaingan
bisnis yang berkembang pesat, PT. Pegadaian (Persero) memiliki pasar 75%.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Budaya
Perusahaan PT. Pegadaian
Budaya PT.
Pegadaian di aktualisasikan dengan adanya mascot atau jargon yaitu INTAN yang
bermakna:
1.
Inovatif
a.
Berinisiatif,
kreatif, dan produktif
b.
Berorientasi pada
solusi
2.
Nilai Moral
Tinggi
a.
Taat beribadah
b.
Jujur dan
berpikiran positif
3.
Terampil
a.
Berkompeten dibidangnya
b.
Selalu mengembangkan
diri
4.
Adi Layanan
a.
Peka dan cepat
tanggap
b.
Empatik, santun,
dan ramah
5.
Nuansa Citra
Diri
a.
Memiliki sense of belonging
b.
Peduli dengan
nama baik perusahaan
B.
Inovasi dan
Transformasi Strategi Bisnis PT. Pegadaian
PT.
Pegadaian merupakan perusahaan BUMN yang dituntut untuk memberikan kontribusi
kepada Negara dengan cara menggerakkan perekonomian nasional. Serta mendorong
pertumbuhan perekonomian masyarakat. Di era persaingan bisnis yang berkembang
pesar PT. Pegadaian merupakan salah satu dari perusahaan yang memberikan
kontribusi lebih kepada Negara dengan berbagai inovasi yang dikembangkan. Adapun
inovasi (perubahan) yang dikembangkan oleh PT. Pegadaian, yaitu:
1.
Pembaharuan logo
PT. Pegadaian
Hadirnya logo baru dari PT. Pegadaian merupakan buktu
bahwa adanya perubahan dari PT. Pegadaian untuk memberikan layanan yang optimal
kepada masyarakat.
2.
Pengembangan
Jenis Produk
Sebelumnya PT. Pegadaian hanya menjalankan bisnis
gadai konvensional saja, namun kini dengan perkembangan zaman PT. Pegadaian
memberikan inovasi melalui pelayanannya dengan mengembangkan 3 jenis produk
yaitu:
a.
Pembiayaan memiliki
program:
-
Gadai konvensional
yaitu Kredit Cepat Aman (KCA).
-
Gadai syariah
yaitu pembiayaan RAHN adalah solusi tepat kebutuhan dana cepat yang sesuai
syariah.
-
Krasida yaitu
kredit angsuran bulanan yang diberikan kepada UMKM untuk pengembangan usaha
dengan sistem gadai.
-
Kreasi adalah
kredit dengan angsuran bulanan yang diberikan kepada UKM untuk pengembangan
usaha dengan sistem FIdusia.
-
Amanah dari
pegadaian syariah adalah pembiayaan berprinsip syariah kepada PNS dan karyawan
swasta untuk memiliki motor atau mobil dengan cara angsuran.
-
Arrum yaitu
memudahkan para pengusaha kecil untuk mendapatkan modal usaha dengan jaminan
BPKB dan emas.
-
Kredit Multi
Guna yaitu kredit bulanan dengan sistem FIDUSIA yang diperuntukan bagi pegawai
atau karyawan suatu instansi yang telah memiliki penghasilan tetap.
b.
Gadai dan Mikro
Emas memiliki program yaitu:
-
Mulia, layanan
penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan
proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel.
-
Tabungan emas,
layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang
terjangkau.
-
Konsinyasi Emas,
layanan titip-jual emas batangan di pegadaian sehingga menjadikan investasi
emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di pegadaian.
c.
Aneka Jasa
memiliki program, yaitu:
-
Kucica
(Pengiriman uang), pegadaian remittance adalah layanan pengiriman dan
penerimaan uang dari dalam dan luar negeri dengan biaya kompetitif, bekerjasama
dengan beberapa remiten berskala nasional dan internasional.
-
Multi Pembayaran
Online, melayani pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, telepon, pulsa,
air minum, pembelian tiket kereta api, dll secara online.
-
Pegadaian Mobile
adalah program kemitraan dari pegadaian dimana nasabah pegadaian bisa
mendapatkan peluang bisnis electronic
payment langsung dari smartphone
android yang dimiliki.
-
Persewaan gedung
-
Jasa setifikasi
batu mulia
-
Jasa taksiran
-
Jasa titipan
C.
Pengembangan
Teknologi Informasi (IT)
PT.
Pegadaian tidak ketinggalan untuk pengembangan pada bidang IT dengan melakukan
berbagai pembangunan aplikasi IT online secara berkelanjutan. Saat ini telah
dilakukan pembangunan infrastruktur data center yang handal yang mampu
memberikan operasi yang berkelanjutan dan terus-menerus, mampu beradaptasi
dengan pertumbuhan kebutuhan yang cepat dan pengamanan yang ketat.
Pembangunan
IT online ini merupakan upaya dari PT. Pegadaian untuk memberikan kemudahan
kepada nasabah dalam melakukan transaksi yang cepat dan akurat secara online
dan real time.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pembahasan diatas menyimpulkan bahwa PT. Pegadaian
meruapakn perusahaan yang memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Indonesia
khususnya bagi masyarakat menengah kebawah. Berdirinya PT. Pegadaian sebagai
perusahaan Negara tidak serta merta berdiam diri tanpa adanya inovasi untuk
mengembangkan perusahaannya. Adapun beberapa inovasi atau perubahan yang
dilakukan oleh PT. Pegadaian yaitu pembaruan logo, pengembangan jenis produk, dan
pengembangan teknologi informasi.
B. Saran
Penulis
berharap agar para pembaca dapat mengetahui dan memahami berbagai inovasi dan
transformasi strategi bisnis dari PT. Pegadaian, sehingga dapat menjadi wadah
atau cerminan yang baik dalam berbagai inovasi yang dilakukan di perusahaan
pegadaian.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.mensobsession.com/index.php?article/detail2/340/pt-pegadaian-persero-inovasi-tiada-henti
Komentar
Posting Komentar