Tugas MJ Perubahan & Budaya Organisasi (Sebelum UTS)


ANALISIS PROSES PERUBAHAN DARI PT. PEGADAIAN






Disusun Oleh :
Nathania
1620200007


STIE MULTI DATA PALEMBANG
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
PALEMBANG
2019









BAB I
PENDAHULUAN



            PT. Pegadaian (Persero) merupakan suatu perusahaan Negara atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebagaia salah satu perusahaan Negara PT. Pegadaian merupakan bagian penggerak ekonomi nasional yang dituntut untuk tidak hanya memberikan kontribusi kepada Negara namun juga mendorong pertumbuhan perekonomian rakyat. Sejak pendiriannya, PT. Pegadaian sudah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia kususnya untuk kalangan masyarakat menengah kebawah untuk mendapatkan modal. Kepercayaan yang tinggi serta inovasi yang tiada henti dalam memberikan solusi bagi masyarakat. Dapat dilihat ditengah era persaingan bisnis yang berkembang pesat, PT. Pegadaian (Persero) memiliki pasar 75%.






BAB II
PEMBAHASAN




   A.    Budaya Perusahaan PT. Pegadaian
Budaya PT. Pegadaian di aktualisasikan dengan adanya mascot atau jargon yaitu INTAN yang bermakna:
1.      Inovatif
a.       Berinisiatif, kreatif, dan produktif
b.      Berorientasi pada solusi
2.      Nilai Moral Tinggi
a.       Taat beribadah
b.      Jujur dan berpikiran positif
3.      Terampil
a.       Berkompeten dibidangnya
b.      Selalu mengembangkan diri
4.      Adi Layanan
a.       Peka dan cepat tanggap
b.      Empatik, santun, dan ramah
5.      Nuansa Citra Diri
a.       Memiliki sense of belonging
b.      Peduli dengan nama baik perusahaan
   B.     Inovasi dan Transformasi Strategi Bisnis PT. Pegadaian
PT. Pegadaian merupakan perusahaan BUMN yang dituntut untuk memberikan kontribusi kepada Negara dengan cara menggerakkan perekonomian nasional. Serta mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat. Di era persaingan bisnis yang berkembang pesar PT. Pegadaian merupakan salah satu dari perusahaan yang memberikan kontribusi lebih kepada Negara dengan berbagai inovasi yang dikembangkan. Adapun inovasi (perubahan) yang dikembangkan oleh PT. Pegadaian, yaitu:
1.      Pembaharuan logo PT. Pegadaian
Hadirnya logo baru dari PT. Pegadaian merupakan buktu bahwa adanya perubahan dari PT. Pegadaian untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat.

2.      Pengembangan Jenis Produk
Sebelumnya PT. Pegadaian hanya menjalankan bisnis gadai konvensional saja, namun kini dengan perkembangan zaman PT. Pegadaian memberikan inovasi melalui pelayanannya dengan mengembangkan 3 jenis produk yaitu:
a.       Pembiayaan memiliki program:
-          Gadai konvensional yaitu Kredit Cepat Aman (KCA).
-          Gadai syariah yaitu pembiayaan RAHN adalah solusi tepat kebutuhan dana cepat yang sesuai syariah.
-          Krasida yaitu kredit angsuran bulanan yang diberikan kepada UMKM untuk pengembangan usaha dengan sistem gadai.
-          Kreasi adalah kredit dengan angsuran bulanan yang diberikan kepada UKM untuk pengembangan usaha dengan sistem FIdusia.
-          Amanah dari pegadaian syariah adalah pembiayaan berprinsip syariah kepada PNS dan karyawan swasta untuk memiliki motor atau mobil dengan cara angsuran.
-          Arrum yaitu memudahkan para pengusaha kecil untuk mendapatkan modal usaha dengan jaminan BPKB dan emas.
-          Kredit Multi Guna yaitu kredit bulanan dengan sistem FIDUSIA yang diperuntukan bagi pegawai atau karyawan suatu instansi yang telah memiliki penghasilan tetap.
b.      Gadai dan Mikro Emas memiliki program yaitu:
-          Mulia, layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel.
-          Tabungan emas, layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau.
-          Konsinyasi Emas, layanan titip-jual emas batangan di pegadaian sehingga menjadikan investasi emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di pegadaian.
c.       Aneka Jasa memiliki program, yaitu:
-          Kucica (Pengiriman uang), pegadaian remittance adalah layanan pengiriman dan penerimaan uang dari dalam dan luar negeri dengan biaya kompetitif, bekerjasama dengan beberapa remiten berskala nasional dan internasional.
-          Multi Pembayaran Online, melayani pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, telepon, pulsa, air minum, pembelian tiket kereta api, dll secara online.
-          Pegadaian Mobile adalah program kemitraan dari pegadaian dimana nasabah pegadaian bisa mendapatkan peluang bisnis electronic payment langsung dari smartphone android yang dimiliki.
-          Persewaan gedung
-          Jasa setifikasi batu mulia
-          Jasa taksiran
-          Jasa titipan
   C.     Pengembangan Teknologi Informasi (IT)
PT. Pegadaian tidak ketinggalan untuk pengembangan pada bidang IT dengan melakukan berbagai pembangunan aplikasi IT online secara berkelanjutan. Saat ini telah dilakukan pembangunan infrastruktur data center yang handal yang mampu memberikan operasi yang berkelanjutan dan terus-menerus, mampu beradaptasi dengan pertumbuhan kebutuhan yang cepat dan pengamanan yang ketat.
Pembangunan IT online ini merupakan upaya dari PT. Pegadaian untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan transaksi yang cepat dan akurat secara online dan real time.




BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Pembahasan diatas menyimpulkan bahwa PT. Pegadaian meruapakn perusahaan yang memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Indonesia khususnya bagi masyarakat menengah kebawah. Berdirinya PT. Pegadaian sebagai perusahaan Negara tidak serta merta berdiam diri tanpa adanya inovasi untuk mengembangkan perusahaannya. Adapun beberapa inovasi atau perubahan yang dilakukan oleh PT. Pegadaian yaitu pembaruan logo, pengembangan jenis produk, dan pengembangan teknologi informasi.
B.     Saran
      Penulis berharap agar para pembaca dapat mengetahui dan memahami berbagai inovasi dan transformasi strategi bisnis dari PT. Pegadaian, sehingga dapat menjadi wadah atau cerminan yang baik dalam berbagai inovasi yang dilakukan di perusahaan pegadaian.







DAFTAR PUSTAKA



Komentar