Tugas Etika Bisnis (Sebelum UAS)


ANALISIS PERMASALAHAN CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL
PT. PEGADAIAN CABANG CIMAHI






Disusun Oleh :
Nathania
1620200007







STIE MULTI DATA PALEMBANG
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
PALEMBANG







2019







BAB I
PENDAHULUAN


1.1.  Latar Belakang
     Corporate Social Responsibility (CSR) yang dicetuskan di Amerika Serikat pada tahun 1930- an pada awalnya adalah usaha untuk melindungi buruh dari penindasan yang dilakukan perusahaan. Saat ini banyak definisi yang menjelaskan makna CSR, yang juga terus berubah seiring berjalannya waktu. CSR antara lain didefinisikan sebagai komitmen yang berkesinambungan dari kalangan bisnis, untuk berperilaku secara etis dan memberi kontribusi bagi perkembangan ekonomi, seraya meningkatkan kualitas kehidupan dari karyawan dan keluarganya, serta komunitas lokal dan masyarakat luas pada umumnya (CSR: Meeting Changing Expectations, 1999). Tanggung jawab sosial perusahaan adalah tanggung jawabnya terhadap masyarakat di luar tanggung jawab ekonomis. Jika kita berbicara tentang tanggung jawab sosial perusahaan, maksudnya adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan demi suatu tujuan sosial dengan tidak memperhitungkan untung atau rugi ekonomis. Hal itu bisa terjadi dengan dua cara yaitu cara positif dan negatif. Secara positif, perusahaan bisa melakukan kegiatan yang tidak membawa keuntungan ekonomis dan sematamata dilangsungkan demi kesejahteraan masyarakat atau salah satu kelompok di dalamnya
1.2 Fokus dan Tujuan Penulisan
Dalam kajian ini penulis melihat dari hasil telaahan referensi serta pengalaman berbagai kalangan, banyak model program CSR yang dilakukan oleh berbagai perusahaan. Maka fokus kajian ini adalah “Ingin melihat sejauh mana kondisi permasalahan dan solusi yang ada pada berbagai perusahaan yang melaksanakan program CSR“.
Tujuan dari kajian ini adalah ingin melihat kondisi, permasalahan, dan solusi dari program CSR itu sendiri










BAB II
PEMBAHASAN


2.1 PT. Pegadaian Cabang Cimahi
Kantor Pegadaian cabang Cimahi merupakan cabang PT Pegadaian yang berlokasi di Cimahi Bandung. PT Pegadaian merupakan perusahaan milik negara yang bergerak dalam bidang jasa gadai yang memiliki tugas pokok dan fungsi membantu program pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya golongan menengah ke bawah dengan memberikan solusi keuangan yang terbaik melalui penyaluran pinjaman kepada usaha mikro dan kecil.
Sebagai salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan lingkungan, maka pada September 2008 PT Pegadaian melaksanakan program CSR. Selama tahun 2011, PT Pegadaian telah menyalurkan dana sebesar Rp. 18.85 M melalui berbagai kegiatan. Berbagai kegiatan CSR yang telah dilaksanakan PT Pegadaian cabang Cimahi adalah: a. Pegadaian Go Entrepreneur Membantu dalam peningkatan perberdayaan ekonomi masyarakat, seperti pelatihan entrepeneur di Universitas Nusa Cendana dan Universitas Jenderal Soedirman, bantuan gerobak, bantuan pengadaan mesin produksi, dll.
b. Pegadaian Go Education Diberikan dalam rangka peningkatan di bidang pendidikan, misalnya: pemberian beasiswa, Renovasi sekolah, bantuan paket perlengkapan sekolah, dll.
c. Pegadaian Go Health Membantu peningka t an ke s eha t an masyarakat, seperti pengobatan gratis, pemberian bantuan mobil ambulance, khitanan masal, dll.
d. Pegadaian Go Green elakukan penanaman pohon hutan kota, bantuan korban bencana alam, melakukan penanaman pohon di wilayah lahan kritis, dll.
e. Pegadaian Go Culture Memberikan bantuan dana penyelenggaraan temu dalang cilik se-Nusantara, pelaksanaan mudik gratis, pemberian sembako gratis.
   Masyarakat menyambut baik terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pegadaian sebagai tanggung jawab sosial. Hal ini dapat dilihat dari besarnya animo masyarakat yang menyambut secara antusias dan merespon dengan baik yang diwujudkan dalam keikutsertaan mereka pada kegiatan-kegiatan tersebut. Masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan CSR adalah menentukan siapa yang berhak menerima atau menjadi target kegiatan sehingga program CSR tersebut tepat sasaran. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya PT Pegadaian melakukan kerjasama dengan pihak ketiga, misalnya dengan mengadakan kerjasama dan konsultasi dengan Rumah Zakat atau Dompet Dhuafa untuk menentukan siapa saja siswa-siswa yang berhak mendapatkan beasiswa sehingga bisa tepat sasaran.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Berdasarkan uraian pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa :
1.      Membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya golongan menengah ke bawah dengan memberikan solusi keuangan yang terbaik melalui penyaluran pinjaman kepada usaha mikro dan kecil.
2.      Permasalahan perusahaan menentukan siapa yang berhak menerima atau menjadi target kegiatan sehingga program CSR tepat sasaran.
3.2 SARAN
            Perusahaan perlu menentukan target terlebih dahulu sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan sehingga program CSR ini dapat terlaksana dengan baik dan terkendali.

DAFTAR PUSTAKA

Djumara, S. Noorsyamsa (2012), file:///C:/Users/USER/Downloads/315-1076-1-SM.pdf. Diakses: 11 Januari 2020


Komentar

  1. This is how my pal Wesley Virgin's report begins with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get everything they want.

    These are the same SECRETS tons of celebrities (especially those who "come out of nothing") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You probably know how you only use 10% of your brain.

    Really, that's because the majority of your brain's power is UNTAPPED.

    Maybe that conversation has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around 7 years back, while driving a non-registered, trash bucket of a car without a license and $3.20 in his bank account.

    "I'm so fed up with living paycheck to paycheck! When will I finally make it?"

    You've taken part in those types of conversations, ain't it right?

    Your success story is going to happen. Go and take a leap of faith in YOURSELF.

    Take Action Now!

    BalasHapus

Posting Komentar